Nama Kegiatan
|
Les Bahasa
|
Tujuan
|
Mengenalkan
bahasa Jepang dan Inggris kepada anak-anak di desa Masawah
|
Waktu
|
12,16 & 19 Juli (B.Inggris) dan 10, 13
& 25 Juli (B. Jepang)
|
Tempat
|
Halaman Rumah Mahasiswa KKNM UNPAD
|
Pelaksana
|
Mahasiswa KKNM Universitas
Padjadjaran 2012
|
Penanggung Jawab
|
Andre Aditya Sonda
|
DESKRIPSI KEGIATAN
Pada awalnya, kegiatan ini dilakukan
karena banyaknya anak-anak yang bermain ke rumah sehingga kami memfasilitasi
mereka untuk belajar bahasa.Materi yang diberikan pada les bahasa inggris
adalah perkenalan, angka, kosakata benda di sekitar kita, dan lagu bahasa
inggris anak-anak.Pada pertemuan pertama, diajarkan mengenai perkenalan dalam
bahasa inggris dan kosakata binatang. Di pertemuan awal ini juga dilakukan review untuk mengetahui kira-kira materi
apa saja yang sudah mereka pelajari. Pada pertemuan kedua, diberikan materi
mengenai kosakata buah dan sayuran serta lagu anak-anak dalam bahasa inggris. Pada pertemuan ketiga,
diberikan materi mengenai kosakata benda di sekitar kita dan lagu
anak-anak.Untuk les bahasa jepang, materi yang diberikan juga merupakan materi
dasar bahasa jepang. Pertemuan minggu pertama membahas mengenai perkenalan dan
angka.Pertemuan minggu kedua membahas tentang nama-nama hari. Pertemuan minggu
ketiga memperkenalkan ungkapan sederhana yang dipakai dalam kehidupan
sehari-hari.
Respon dan tingkat partisipasi anak-anak untuk mengikuti les bahasa inggris ini sangat bagus.Sebagian besar anak-anak yang mengikuti les bahasa inggris ini adalah anak-anak perempuan.Begitu juga dengan respon peserta untuk mengikuti les bahasa jepang, mereka sangat berantusias dalam mengikuti pelajaran bahasa jepang meskipun ini adalah kali pertama mereka belajar bahasa jepang.Indikasi yang menunjukkan antusiasme peserta adalah anak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kami dalam bahasa jepang, dan mereka dapat dengan cepat menghafal dan mengingat ungkapan yang diberikan. Indikasi lainnya adalah peserta selalu datang lebih awal dari jam yang telah ditentukan. Tingkat partisipasi pesertanya juga cukup tinggi, ini ditandai dengan meningkatnya jumlah peserta pada setiap pertemuan.
Kendala yang dihadapi dari kegiatan les bahasa ini adalah waktu untuk belajar yang sering berganti-ganti karena waktu belajar bentrok dengan kegiatan proker yang lain dan peserta tidak datang pada hari yang telah ditentukan sehingga kegiatan ini harus ditunda sampai hari berikutnya yang telah disepakati bersama. Selain itu, kadang suasana belajar kurang kondusif karena belajar dilakukan di halaman rumah. Kendala lain yang dihadapi adalah anak-anak seringkali tiba-tiba meminta diajarkan materi yang lain dan menuntut untuk diajarkan semuanya pada pertemuan hari itu, padahal waktu yang ada tidak mencukupi. Selain itu, terbatasnya sarana dan fasilitas belajar seperti buku dan papan tulis juga menjadi salah satu kendala dalam kegiatan ini.
Manfaat dan hasil guna dari kegiatan les
bahasa inggris bagi anak-anak adalah dapat membantu menambah materi pelajaran
bahasa inggris dan mengulang pelajaran yang diberikan di sekolah. Kegiatan les
bahasa ini juga dapat meningkatkan motivasi anak-anak untuk belajar bahasa
inggris, sebagai sarana rekreatif dalam belajar, dan membuka pandangan mereka
mengenai gaya belajar yang menyenangkan. Sedangkan manfaat dan hasil guna dari
kegiatan les bahasa jepang adalah anak-anak yang mengikuti pelajaran singkat
bahasa jepang ini bisa menyebutkan angka dalam bahasa jepang, memperkenalkan
diri dan menyebutkan nama-nama hari dalam bahasa jepang.Sedikitnya mereka bisa
saling menyapa menggunakan bahasa jepang.
Juga manfaat dan hasil guna kegiatan les bahasa ini bagi mahasiswa adalah sebagai ajang untuk berbagi ilmu, mendekatkan diri dengan anak-anak di sekitar dusun, mahasiswa juga mengetahui bagaimana cara mengajar kepada anak-anak, belajar sabar, dan mengerti kondisi psikologis anak. Sesama mahasiswa sebagai tim pengajar pun dapat saling berbagi ilmu tentang bahasa jepang sehingga menambah wawasan. Sedangkan bagi lembaga pendidikan, kegiatan les bahasa ini, terutama bahasa inggris, dapat membantu menambah materi yang selama ini diberikan di sekolah.
Respon dan tingkat partisipasi anak-anak untuk mengikuti les bahasa inggris ini sangat bagus.Sebagian besar anak-anak yang mengikuti les bahasa inggris ini adalah anak-anak perempuan.Begitu juga dengan respon peserta untuk mengikuti les bahasa jepang, mereka sangat berantusias dalam mengikuti pelajaran bahasa jepang meskipun ini adalah kali pertama mereka belajar bahasa jepang.Indikasi yang menunjukkan antusiasme peserta adalah anak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kami dalam bahasa jepang, dan mereka dapat dengan cepat menghafal dan mengingat ungkapan yang diberikan. Indikasi lainnya adalah peserta selalu datang lebih awal dari jam yang telah ditentukan. Tingkat partisipasi pesertanya juga cukup tinggi, ini ditandai dengan meningkatnya jumlah peserta pada setiap pertemuan.
Kendala yang dihadapi dari kegiatan les bahasa ini adalah waktu untuk belajar yang sering berganti-ganti karena waktu belajar bentrok dengan kegiatan proker yang lain dan peserta tidak datang pada hari yang telah ditentukan sehingga kegiatan ini harus ditunda sampai hari berikutnya yang telah disepakati bersama. Selain itu, kadang suasana belajar kurang kondusif karena belajar dilakukan di halaman rumah. Kendala lain yang dihadapi adalah anak-anak seringkali tiba-tiba meminta diajarkan materi yang lain dan menuntut untuk diajarkan semuanya pada pertemuan hari itu, padahal waktu yang ada tidak mencukupi. Selain itu, terbatasnya sarana dan fasilitas belajar seperti buku dan papan tulis juga menjadi salah satu kendala dalam kegiatan ini.
Juga manfaat dan hasil guna kegiatan les bahasa ini bagi mahasiswa adalah sebagai ajang untuk berbagi ilmu, mendekatkan diri dengan anak-anak di sekitar dusun, mahasiswa juga mengetahui bagaimana cara mengajar kepada anak-anak, belajar sabar, dan mengerti kondisi psikologis anak. Sesama mahasiswa sebagai tim pengajar pun dapat saling berbagi ilmu tentang bahasa jepang sehingga menambah wawasan. Sedangkan bagi lembaga pendidikan, kegiatan les bahasa ini, terutama bahasa inggris, dapat membantu menambah materi yang selama ini diberikan di sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar